KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Batu Akik Lokal Labusel Kian Diminati

Posted by Kotapinang pada Mei 24, 2015

Batu Akik Labusel

Sejumlah warga memadati Stan Kobal yang memamerkan ratusan batu akik lokal Kab. Labusel pada Pameran Batu Akik dan Festival Band yang diselenggarakan LCF di pelataran parkir komplek pertokoan Kampung Bedagai, Kel. Kotapinang, Kec. Kotapinang, Sabtu (9/5). Foto: Deni Syafrizal Daulay, dikutip dari Harian Waspada.

Batu Akik Lokal Labusel Kian Diminati

OLEH: DENI SYAFRIZAL DAULAY

 

BATU akik lokal yang berasal dari Kab. Labusel ternyata memiliki jenis yang sangat beragam dan berkualitas cukup baik. Tidak mengherankan, batu-batu akik tersebut memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat.

Realita tersebut terlihat pada Pameran Batu Akik dan Festival Band yang digelar Labusel Creatif Forum (LCF) bekerja sama dengan Komunitas Batu Akik Labusel (Kobal) di pelataran parkir komplek pertokoan Kampung Bedagai, Kel. Kotapinang, Kec. Kotapinang, yang berlangsung Sabtu-Minggu (9-10/5/2015).

Ratusan masyarakat penggemar batu akik dari berbagai wilayah di Kab. Labusel, tumpah di tempat tersebut. Mereka rela berdesak-desakan hanya untuk menyaksikan pameran batu akik yang pertama kalinya digelar di daerah ini.

Puluhan jenis batu akik seperti bacan, fairuz, suliki, black-jade, kecubung, lumut, solar, sulaiman, teratai, panca warna, cempaka, retak seribu, fosil, dll, yang berasal dari berbagai daerah dipamerkan oleh sejumlah kolektor yang berasal dari Kab. Labusel, Kota Medan, Kab. Labuhanbatu, bahkan dari Provinsi Riau, pada even tersebut. Namun sebagian besar pengunjung yang datang bukan memburu batu akik seperi bacan dan batu mulia lainnya, melainkan batu lokal yang bersumber dari sejumlah daerah di Kab. Labusel seperti Kec. Kampungrakyat, Kec. Sungaikanan, dan Kec. Torgamba.

Ratusan orang dari segala umur, mulai anak-anak, remaja, tua, muda, pria dan wanita seperti dihipnotis pameran batu akik ini. Ada yang sekadar berkumpul untuk melihat-lihat berbagai koleksi batu yang dipamerkan sambil menikmati kontes band yang sedang berlangsung di tempat tersebut, ada pula yang memang sengaja datang untuk memburu batu akik lokal.

“Minat masyarakat ini terbilang sangat besar, dalam dua hari ini sudah ratusan batu akik yang terjual. Namun memang belum ada harga yang spektakuler, rata-rata batu di sini dijual seharga Rp200 ribu hingga Rp5 juta-an,” kata Sofyan, Sekretaris Kobal ketika ditemui di stan batu akik yang mereka kelola.

Dikatakan, batu lokal yang dipamerkan dan dijual di tempat ini, benar-benar bervariasi dan berasal dari seluruh penjuru Kab. Labusel. Menurutnya, akik yang paling banyak dijual dan diburu oleh pecinta batu akik lokal, seperti lavender, lumut, panca warna, sulaiman, dan cempaka. “Selain beragam, batu akik lokal juga cukup berkualitas. Terbukti, batu lokal asal Kab. Labusel berhasil menjadi juara ketiga pada kontes batu akik tingkat provinsi yang diselenggarakan di Kota Medan baru-baru ini,” katanya.

Ramadhan, 46 warga Kel. Baganbatu Kota, Kec. Bagansinembah, Kab. Rokan Hilir, Provinsi Riau salah seorang pengunjung yang ditemui mengaku sangaja datang jauh-jauh untuk mendapatkan batu akik lokal berkualitas. Menurutnya, selama ini di daerah tempat tinggalnya cukup banyak batu asal Kab. Labusel yang dijual pedagang. “Namun saya kurang paham kualitas batu, kalau di pameran inikan jadi lebih mudah dan jenisnya pun beragam,” katanya.

Saking menariknya pameran ini, Sekdakab Labusel, Zulkifli yang membuka kegiatan tersebut pun seperti tidak mau ketinggalan untuk berbaur dan berburu batu lokal. Di tangannya telah berjajar delapan cincin yang beberapa diantaranya bermatakan batu akik lokal.

Pada kesempatan itu Zulkifli berharap pameran batu akik ini akan menjadi wadah tersendiri bagi para pecinta batu akik. Dia mengharapkan, melalui pameran batu akik ini ekonomi masyarakat juga dapat bertambah. “Ini potensi buat masyarakat. Bagi mereka yang berdagang akik dan pencari batu akik lokal juga,” katanya.

Ketua LCF, Ahmad Zaini Ritonga mengaku tidak menyangka besarnya antusias masyarakat terhadap kegiatan tersebut. Awalnya kata dia, kegiatan ini direncanakan hanya sebatas pagelaran musik semata seperti tahun-tahun sebelumnya. “Namun melihat banyaknya pencinta batu di Kab. Labusel saat ini, maka sekaligus digelar pameran batu akik. Ini dilakukan agar masyarakat luas dapat mengenal ragam batu lokal dan nilai jualnya, karena pada pameran ini juga tersedia alat pengukur kadar batu,” katanya. (*)

Tulisan ini dikutip dari Harian Waspada dan telah digubah seperlunya. Kunjungi: http://www.epaper.waspadamedan.com

6 Tanggapan to “Batu Akik Lokal Labusel Kian Diminati”

  1. Mantap bro. Sukses selalu..

  2. Jual bongkahan batu bacan asli dari ternate,barang udah tembus cahaya dan keras dan padat semua tidak ada yang luntur ,mudah di bentuk ,kami menjual bacan doko super kristal dan palamea
    hub;085145404753
    pin BB:21E2B4FF
    Bongkahan Batu Bacan Asli Ternate

    Doko
    Super Keristal
    Palamea

    1 Ons Rp 750rbu
    5 Ons Rp 2,5juta
    1 Kg Rp 5,7juta

    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung hubungi

  3. batu mulia said

    Kami menjual Batu Bacan Palamea Kristal & Batu Bacan Doko Kristal dalam bentuk belum diikat (Loose Gems) dan ada juga bonkahan maupun sudah diikat cincin atau asesoris. Bahan mentah batu bacan diambil langsung dari Desa Palamea, Desa Doko dan Desa Kasiruta di Pulau Bacan – Maluku Utara untuk selanjutnya diasah di workshop kami di Ternate telp/hp 0822 x 4368 x 2879 / pin 28C3EBA7
    #.stock terbatas
    siapa cepat dia dapat !
    bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    adapun cara yg kami sediakan:cod di daerah ternate
    dan bagi yg minat datang langsung ke tempat kami
    alamat: Jl.labuha No 79
    Desa /Kel, Maliaro Rt 014 Rw 005
    Kecematan : Ternate Tengah
    Kode Pos : 97728
    GERANSI PESANAN:
    -Barang Tercecer
    -Barang Pecah-pecah Apabila Di Gosok
    -Barang Tidak Sesuai Dengan Pesanan Kami DLL
    Jangan Ragu-Ragu BOS Uang Anda Kembali 100%
    #.hati hati terhadap penipuan salah orang bisa tertipu

  4. B.MADE BALI DENPASAR said

    ASSALAMU ALAIKUM
    ALHAMDULILLAH HIROBBIL ALAMIN
    atas RAHMAT SERTA HIDAYAH RIDHO DARI ALLAH SWT. , beliau punya solusi MASALAH HUTANG PIUTANG, BUTUH MODAL USAHA, INGIN MERUBAH NASIB,
    BANGKRUT USAHA,DI CACI MAKI,DI HINA,MENYENGSARAKAN/MENZHOLIMI ANDA ,KINI SAATNYA ANDA BANGKIT DARI KETERPURUKAN, AGAR ORANG LAIN TIDAK MENGHINA ANDA,
    BELIAU SIAP MEMBANTU ANDA DENGAN…
    -JUAL MUSUH
    -NIKAH JIN
    -DANA GOIB
    -UANG BALIK
    -UANG MATENG
    -MEGGNDKAN UANG
    -GENDAM PENAKLUK
    -PENGASIHAN
    -PELET HITAM
    -PELET PUTIH
    -SANTET MATI
    -ANGKA/SIO JITU
    di jamin 100% berhasil
    hubungi BELIAU :
    KH SA’ID ABDULLAH WAHID
    (AHLI ILMU GO’IB)
    HP: 082334608008
    D/A : BATU AMPAR-GULUK GULUK –
    SUMENEP – MADURA
    JAWA TIMUR
    TERIMA KASIH WASSALAM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: