KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Lokasi Galian C Di Labusel Pun Jadi Tempat Berburu Batu Akik

Posted by Kotapinang pada April 10, 2015

Lokasi Galian C Di Labusel Pun Jadi Tempat Berburu Batu Akik
OLEH    : DENI SYAFRIZAL DAULAY

Batu Akik Labusel

Sejumlah warga sedang mencari batu mulia lokasi penambangan batu kerikil di perkampungan Bandar Semen, Desa Air Merah, Kec. Kampungrakyat, Kab. Labusel, Selasa (10/3/2015). /Foto: Deni Syafrizal Daulay/Dikutip dari Harian Waspada/.

DALAM sebulan terakhir sejumlah warga di Kab. Labusel sibuk berburu batu akik. Sejumlah lokasi penambangan batu kali atau kerikil (galian tipe C) pun disasar, hanya untuk mendapatkan batu mulia. Salah satu lokasi yang kini menjadi primadona yakni tambang kerikil yang terletak di perkampungan Banjar Semen, Desa Air Merah, Kec. Kampungrakyat.

Setiap hari, ramai warga berdatangan ke tempat ini mencari batu mulia sebagai bahan membuat batu akik. Seperti yang terlihat, Selasa (10/3/2015) siang, warga dari berbagai wilayah di Kab. Labusel berdatangan untuk mencari batu.
Mereka terus menyisir bebatuan sedikit demi sedikit, tidak peduli meski siang itu cuaca panas terasa menyengat. Hanya dalam hitungan jam saja sebagian besar mereka sudah mendapatkan batu-batu mulia yang masih mentah. Beragam jenis batu mulia yang sering ditemukan warga, seperti Teratai, Sulaiman, dan beberapa jenis batu lainnya. “Lumayanlah, baru beberapa jam saja mencari saya sudah dapat satu kantong asoy batu. Bentuknya bagus-bagus, namun sebagian besar sepertinya Sulaiman. Tapi nggak tahu jugalah, karena saya tidak begitu mengenal jenis batu, yang penting cantik saja,” kata salah seorang warga pencari batu, Amin Wahyudi, 31.
Menurutnya, batu-batu tersebut akan disortir kemudian sebagian ditempah menjadi batu akik untuk dijadikan koleksi pribadi dan sebagian lagi dibagikan kepada teman-temannya penggemar batu. Untuk mengolahnya, Amin cukup membawanya ke tukang batu yang kini juga mulai menjamur di Kab. Labusel. “Satu batu ditempah seharga Rp30 ribu, paling mahal juga Rp40 ribu. Sekarangkan banyak tukang tempah batu di Kotapinang,” katanya.
Selain untuk dipakai sendiri, ada juga warga yang sengaja mencari batu untuk dijual kepada pengepul. Harga untuk batu-batu tersebut bervariasi mulai dari Rp25 ribu hingga R500 ribu, tergantung bagus tidaknya kondisi batu. “Biasanya tukang tempah batu datang ke sini untuk membeli. Kalau nggak ya kami yang datang,” kata Rahmat, salah seorang pencari batu.
Hendrik Rambey, pemilik lokasi penambangan mengatakan, warga mulai ramai berdatangan mencari batu ke tempat itu sejak sebulan silam. Menurutnya, penemuan batu mulia di lokasi itu bermula dari ketidaksengajaan. “Saat itu salah seorang pekerjanya menemukan batu mulia yang cukup bagus,” katanya.
Sejak kabar tersebut beredar luas kata dia, warga dari berbagai wilayah akhirnya ikut-ikutan datang dan setiap hari ramai-ramai ke tempat tersebut. Menurutnya, warga semakin tertarik datang karena tidak ada pengutipan biaya apapun di tempat ini. “Semua warga bebas datang. Bahkan dari Kab. Labuhanbatu juga ada,” katanya.
Selain di perkampungan Bandar Semen, lokasi lain yang kerap menjadi tempat perburuan batu mulia di Kab. Labusel yakni lokasi tambang kerikil di Kec. Sungaikanan dan sungai Sampuran di Kec. Silangkitang. Beberapa batu mulia yang ditemukan warga bahkan kini sudah diikutsertakan dalam kontes-kontes batu lokal yang kini banyak digelar. “Beberapa batu yang ditemukan di sini sudah ikut kontes,” kata Hendrik. (*)

Dikutip Dari Harian Waspada Edisi, Jumat 13 Maret 2015, dengan gubahan seperlunya.

3 Tanggapan to “Lokasi Galian C Di Labusel Pun Jadi Tempat Berburu Batu Akik”

  1. Jual bongkahan batu bacan asli dari ternate,barang udah tembus cahaya dan keras dan padat semua tidak ada yang luntur ,mudah di bentuk ,kami menjual bacan doko super kristal dan palamea
    hub;085145404753
    pin BB:21E2B4FF
    Bongkahan Batu Bacan Asli Ternate

    Doko
    Super Keristal
    Palamea

    1 Ons Rp 750rbu
    5 Ons Rp 2,5juta
    1 Kg Rp 5,7juta

    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung hubungi

  2. hariadiyusuf99 said

    Kami menjual Batu Bacan Palamea Kristal & Batu Bacan Doko Kristal dalam bentuk belum diikat (Loose Gems) dan ada juga bonkahan maupun sudah diikat cincin atau asesoris. Bahan mentah batu bacan diambil langsung dari Desa Palamea, Desa Doko dan Desa Kasiruta di Pulau Bacan – Maluku Utara untuk selanjutnya diasah di workshop kami di Ternate telp/hp
    hubungi;082293362617 atau invite pin bb 228755B1
    #.stock terbatas
    siapa cepat dia dapat !
    bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    adapun cara yg kami sediakan:cod di daerah ternate
    dan bagi yg minat datang langsung ke tempat kami
    alamat: Jl.labuha No 79
    Desa /Kel, Maliaro Rt 014 Rw 005
    Kecematan : Ternate Tengah
    Kode Pos : 97728
    GERANSI PESANAN:
    -Barang Tercecer
    -Barang Pecah-pecah Apabila Di Gosok
    -Barang Tidak Sesuai Dengan Pesanan Kami DLL
    Jangan Ragu-Ragu BOS Uang Anda Kembali 100%
    #.hati hati terhadap penipuan salah orang bisa tertipu

  3. B.MADE BALI DENPASAR said

    ASSALAMU ALAIKUM
    ALHAMDULILLAH HIROBBIL ALAMIN
    atas RAHMAT SERTA HIDAYAH RIDHO DARI ALLAH SWT. , beliau punya solusi MASALAH HUTANG PIUTANG, BUTUH MODAL USAHA, INGIN MERUBAH NASIB,
    BANGKRUT USAHA,DI CACI MAKI,DI HINA,MENYENGSARAKAN/MENZHOLIMI ANDA ,KINI SAATNYA ANDA BANGKIT DARI KETERPURUKAN, AGAR ORANG LAIN TIDAK MENGHINA ANDA,
    BELIAU SIAP MEMBANTU ANDA DENGAN…
    -JUAL MUSUH
    -NIKAH JIN
    -DANA GOIB
    -UANG BALIK
    -UANG MATENG
    -MEGGNDKAN UANG
    -GENDAM PENAKLUK
    -PENGASIHAN
    -PELET HITAM
    -PELET PUTIH
    -SANTET MATI
    -ANGKA/SIO JITU
    di jamin 100% berhasil
    hubungi BELIAU :
    KH SA’ID ABDULLAH WAHID
    (AHLI ILMU GO’IB)
    HP: 082334608008
    D/A : BATU AMPAR-GULUK GULUK –
    SUMENEP – MADURA
    JAWA TIMUR
    TERIMA KASIH WASSALAM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: