KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Hmmm! Di Labusel Kini Ada Pusat Jajanan dan Kerajinan

Posted by Kotapinang pada Februari 1, 2015

Peresmian Pusat Jajanan dan Kerajinan Kabupaten

Peresmian Pusat Jajanan dan Kerajinan Kabupaten

Hmmm! Di Labusel Kini Ada Pusat Jajanan dan Kerajinan
Oleh: Deni Syafrizal Daulay

SETELAH sekian tahun diwacanakan, akiharnya kini Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) memiliki pusat jajanan dan kerajinan. Pusat Jajanan dan Kerajinan Kabupaten yang terletak di Jalinsum Blok IX, Desa Sisumut, Kec. Kotapinang, secara resmi dibuka oleh Bupati Labusel, Wildan Aswan Tanjung, Senin (26/1/2015).
Bupati pada kesempatan itu mengatakan, Kab. Labusel merupakan daerah yang menonjol dari sektor perkebunan, namun disamping itu juga memiliki potensi sektor industri kecil dan menengah yang dapat dikembangkan dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.
Menurutnya, hingga 2014 jumlah usaha kecil dan menengah mencapai 386 unit usaha. Salah satu upaya Pemkab dalam mengembangkannya yakni dengan membangun pusat jajanan dan kerajinan UKM, yang diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian para pengrajin dan pelaku UKM.
Kepala Disperindagkop-UKM Pemkab Labusel, Dozen Hutapea mengatakan, Pusat Jajanan dan Kerajinan Kabupaten ini merupakan upaya Pemkab mendukung pengembangan UKM. Menurutnya, pada 2014 di Pusat Jajanan dan Kerajinan Kabupaten ini baru dibangun sebanyak 10 unit kios yang masing-masing bangunan permanen dilengkapi dengan tempat parkir, MCK, dan listrik bermeteran pada setiap kios. Menurutnya, total biaya untuk pembangunannya mencapai Rp480 juta lebih yang dianggarkan melalui dana APBD tahun 2014.
Pembangunan Pusat Jajanan dan Kerajinan Kabupaten tersebut mendapat sambutan hangat dari masyrakat. Syahbudin salah seorang tokoh masyarakat mengatakan, lokasi usaha tersebut sangat membantu para pengrajin yang selama ini masih kebingungan memasarkan produk kerajinannya.
Peresmian Pusat Jajanan dan Kerajinan Kabupaten itu ditandai dengan pengguntingan pita dan pemotongan nasi tumpeng oleh Bupati sebelum dilakukan peninjauan ke dalam kios. Hadir dalam peresmian itu Ketua DPRD Edimin, Wakil Bupati Maslin Pulungan, Unsur Muspida, Sekda Zulkifli, para Asisten dan Kepala SKPD, Ketua MUI, Camat, Lurah, dan Kepala Desa, serta pengurus Dekranasda. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: