KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Sejak Pemekaran, Pemkab Labusel Kucurkan Rp1,15 Milyar Modal Usaha

Posted by Kotapinang pada November 4, 2011

Pelaku UKM

Pelaku UKM

Sejak Pemekaran, Pemkab Labusel Kucurkan Rp1,15 Milyar Modal Usaha

Oleh: Deni Syafrizal Daulay
SEJAK dimekarkan dari Kabupaten Labuhanbatu, Pemkab Labuhanbatu Selatan (Labusel) telah mengucurkan Rp1,15 milyar modal Usaha Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKUMK).
Hal tersebut diungkap Kabid Koperasi dan UKM pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, UKM, dan Koperasi Labusel, Syawal Berutu, Selasa (6/9). Dijelaskan, untuk tahun 2009 Pemkab telah mengucurkan dana Rp0,550 milyar dan tahun 2010 sebesar Rp0,6 milyar.
Menurutnya, anggaran yang akan dikucurkan kepada masyarakat dapat ditingkatkan bila kesadaran peminjam modal telah terbentuk. Untuk tahun ini kata dia, anggaran dana yang akan dikucurkan sama besarnya dengan dana yang dikucurkan pada tahun 2010. Pengucuran dana akan dilakukan pada bulan Desember.
Dia mengatakan, kesadaran masyarakat selaku peminjam telah meningkat dibanding tahun pertama peluncuran program bantuan modal untuk meningkatkan kompetensi usaha tersebut. Untuk peminjam modal tahun 2009, sebelumnya pernah melakukan penunggakan cicilan pinjaman. Namun saat ini, penunggak telah mulai melakukan pencicilan.
Disebutkan, pada 2009, sebanyak dua Koperasi mendapatkan pinjaman modal usaha, namun pada tahun 2010, pinjaman modal untuk Koperasi telah dihapus. Padahal, karakteristik peminjam modal untuk melakukan pencicilan pengembalian modal, tingkat kesadaran Koperasi yang lebih tinggi.
”Untuk anggaran APBD 2011, DPRD telah meminta agar anggaran bantuan modal usaha tersebut ditingkatkan menjadi Rp2 milyar, namun karena masih ada peminjam yang belum memiliki kesadaran untuk mengembalikan modal secara mencicil, permintaan tersebut belum dapat dilakukan,” katanya. (*)

Satu Tanggapan to “Sejak Pemekaran, Pemkab Labusel Kucurkan Rp1,15 Milyar Modal Usaha”

  1. kostnation said

    semoga anggaran modal usaha dari pemkab labusel terealisasi dengan baik dan dapat membantu perekonomian rakyat.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: