KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Sumur Luber Di Sisumut Aman Jadi Objek Wisata

Posted by Kotapinang pada Agustus 6, 2011

Sumur Luber Di Labusel

Sumur Luber Di Labusel

Sumur Luber Di Sisumut Aman Jadi Objek Wisata

Oleh: Deni Syafrizal Daulay
BADAN Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) memastikan kandungan air panas yang meluber dari sebuah benda mirip water hydrant (pompa air) sisa sumur pengeboran minyak perusahaan Caltex di Simpang Lengkok, Dusun Bom Sisumut, Desa Sisumut, Kotapinang, Labusel aman untuk dimandikan.

Hal itu diungkapkan Kabid Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan BLH, Hasan Basri Harahap, Kamis (4/8). Menurutnya, berdasarkan hasil uji laboratorium yang dilakukan di Sucofindo Medan diketahui kandungan belerang (H2S) pada air panas tersebut tinggi yakni 0,09 mg/liter melebihi standar yang diatur dalam PP No.82 Tahun 2001 tentang Baku Mutu Air Kelas II yakni 0,002 mg/liter sehingga air tersebut tidak dapat dikonsumsi. Namun dari parameter lain, kandungan air itu tidak membahayakan bagi manusia sehingga dapat dimandikan. “Parameter lain yang kita uji hasilnya aman dan terkendali,” katanya.
Hasan mengatakan, hasil laboratorium tersebut telah dilaporkan kepada Bupati. Dari hasil lab tersebut kata dia, diharapkan nantinya akan ada kesimpulan mengenai sumber air panas itu apakah akan dikelola oleh Pemkab Labusel. “Kita menunggu instruksi Bupati untuk petunjuk selanjutnya,” katanya menambahkan.
Terpisah Kepala Desa Sisumut Idarsyah Harahap menyambut baik hasil uji laboratorium tersebut. Menurutnya, kabar baik itu akan membuat warga di kawasan itu gembira, sebab selama ini warga sangat berharap agar lokasi ituy dapat dijadikan sebagai objek wisata pemandian air panas. “Ini kabar baik bagi warga,” katanya.
Idarsyah mengatakan, pihakya akan segera berkoordinasi dengan pihak Pemkab untuk pembahasan kawasan tersebut. Dia berharap, sumber air panas itu dapat dikelola sehingga memberikan kontribusi positif bagi pendapatan daerah. “Sejak awal warga berharap lokasi itu jadi objek wisata. Namun karena belum diketahui apakah kandungan air itu berbahaya atau tidak, warga mengurungkan niat tersebut,” kata Idarsyah.
Pada tulisan terdahulu diceritakan, sebuah benda menyerupai water hydrant sisa sumur pengeboran minyak perusahaan Caltex di Simpang Lengkok, Dusun Bom Sisumut, Desa Sisumut, Kotapinang, Labusel selama tujuh tahun terakhir terus mengeluarkan air panas. Layaknya mata air, setiap hari ratusan kubik air panas meluber hingga menggenangi areal perladangan warga di kawasan itu.
Tak jelas siapa pemilik hydrant itu. Namun warga sekitar meyakini besi yang menyembul sekitar 75 Cm dari permukaan tanah dan berdiamater 15 Cm yang terletak di perkebunan kelapa sawit itu merupakan sumur bekas pengeboran Caltex yang melakukan eksplorasi di kawasan itu pada sekitar 1982-an. Namun warga berharap dapat menjadikan lokasi itu sebagai objek wisata. (*)

Dikutip dari Harian Waspada Edisi, Jumat (5 Agustus 2011)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: