KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Hore…! Jalur Kereta Api Rantauprapat-Kotapinang Mulai Sosialisasi

Posted by Kotapinang pada Juli 10, 2011

Kereta Api Commuter

Kereta Api Commuter

Hore…! Jalur Kereta Api Rantauprapat-Kotapinang Mulai Sosialisasi

Oleh: Deni Syafrizal Daulay
ADA kabar baik bagi warga Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel). Mimpi untuk dapat menikmati armada massal kereta api langsung dari Labusel ternyata bukan mimpi. Sebab rencana Kementerian Perhubungan Direktorat Jendral Perkeretaapian, Satker Pengebangan Perkeretaapian Sumut untuk membangun rel kereta api dari Rantauprapat ke Kotapinang yang mandek selama puluhan tahun itu segera terealiasi.

Secara resmi, Senin (4/7) lalu, rencana pembangunan jalan kereta api sepanjang 40 Km dari Stasiun Besar Rantauprapat sampai ke Kotapinang mulai disosialisasikan kepada masyarakat Labusel. Sosialisasi itu sekaligus untuk mencari masukan, untuk bahan penyusun Analisis Masalah Dampak Lingkungan (Amdal) dari mega proyek tersebut. Selain dihadiri Wakil Bupati Maslin Pulungan, kegiatan itu juga dihadiri DPRD, dan sejumlah perwakilan masyarakat.
Sosialisasi yang dibuka oleh Wakil Bupati, Maslin Pulungan itu dilakukan oleh Global Inter Sitem sebagai pihak pengembang yang difasilitasi Pemkab Labusel. Pemkab Labusel menyambut baik rencana Kementerian Perhubungan Direktorat Jendral Perkeretaapian, Satker Pengebangan Perkeretaapian Sumut untuk membangun jalur perkeretaapian tersebut.
Menurut Wakil Bupati nih, pemerintah hanya memfasilitasi sosialisasi kepada masyarakat terkait rencana pembangunan, yang tahapannya segera dimulai. Dia juga mengatakan, dalam pembangunan nantinya, jalur tersebut akan banyak melintasi kawasan perkebunan, karenanya dia berharap agar pihak perkebunan turut mendukung program tersebut. “Kita berharap agar program ini segera terealisasi. Dan kita sudah mengupayakan lobi,’’ katanya.
Sementara itu Koordinator Global Inter Sistem, Antonius Ginting mengatakan, tahapan pembangunan jalur kereta api itu meliputi tiga tahapan yakni pada tahap pertama terdiri dari survey dan pemetaan, studi Detail Engineering Desain (DED), penyelidikan tanah, inventarisasi kepemilikan lahan, pembebasan lahan, dan ganti rugi. Sedangkan tahap konstruksi meliputi mobilisasi tenaga kerja, mobilisasi peralatan dan material, dan konstruksi jalur rel kereta api.
Sementara pada tahap akhir meliputi operasional kereta api, operasional rel kereta api, operasional stasiun kereta api, penyediaan kebutuhan bahan bakar untuk operasional kereta api, dan pemeliharaan rel kereta api. “Dan sosialisasi saat ini dilakukan untuk penyusunan Amdal,” katanya. (*)

4 Tanggapan to “Hore…! Jalur Kereta Api Rantauprapat-Kotapinang Mulai Sosialisasi”

  1. rudi said

    bgus tuch….
    tpi jgn sampai meresahkan masyarakat.

  2. ZEN said

    ENAKLAH MASYARAKAT MENDAPOT KOMPENSASI SIAN BUMN

  3. reyhan said

    sudah hampir 3 tahun namun belum juga ada kelanjutannya,,,kalo perlu panggil lagi tuh kompeni,,,kita belum punya uang, ayo mari sama2 kita sumbang,,,10.000 seorang,,,V

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: