KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Pantai Marsonja Yang Menawan di Sei Kanan, Labuhanbatu Selatan

Posted by Kotapinang pada Januari 22, 2011

Pantai Marsonja di Desa Sampean, Kecamatan sei Kanan, Labuhanbatu Selatan

Pantai Marsonja di Desa Sampean, Kecamatan Sei Kanan, Labuhanbatu Selatan

Pantai Marsonja Yang Menawan di Sei Kanan

Oleh: Deni Syafrizal Daulay

SUNGAI Kanan yang membelah Kecamatan Sei Kanan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan memiliki banyak anak sungai dan pantai yang eksotis, salah satunya Pantai Marsonja. Pantai ini hampir tak pernah sepi pengunjung di setiap hari libur. Kendatipun jalan untuk mencapai sungai itu penuh lubang dan terjal. Namun semuanya akan terbayar oleh keindahan yang ditawarkan.

Beberapa waktu lalu saya menyempatkan diri mengunjungi lokasi wisata ini. Berbekal dari informasi seorang teman, saya menuju lokasi wisata tersebut menggunakan sepeda motor dari Kotapinang. Sebenarnya jarak antara Kotapinang ke Marsonja tak begitu jauh yakni sekitar 30 kilo meter. Namun karena kondisi infrastruktur yang tak mendukung, lokasi ini jadi tersa melelahkan.

Menggunakan sepeda motor saya melintasi perkebunan sawit dan karet yang terdapat ham,pir di sepanjang jalan. Memasuki persimpangan Desa Huta Godang, rasa penasaran saya semakin menjadi-jadi. Terlebih setelah melihat Sungai Kanan yang mengalir jernih. Sepanjang perjalanan saya menyusuri sungai yang indah, membelah suasana hutan karet dan sawit, sesekali melintas di kawasan perkampungan masyarakat.

Dalam perjalanan menyusuri desa-desa itu, saya antara lain dapat menjumpai tanaman khas daerah ini, seperti pandan yang menghijau, jati putih, dan berbagai pepohonan lainnya. Perjalanan saya kemudian makin tersa indah begitu mendekat ke lokasi wisata pantai Marsonja. Setelah memakan waktu lebih kurang 2 jam, saya akhir tiba di lokasi. Melihat keindahan sungai Marsonja, rasanya kelelahan saya terbayar. Sungguh menakjubkan dan menyegarkan!

Pantai Marsonja bukanlah hamaparan pasir putih di tepi pantai, melainkan jajaran batu kerikil yang membentang membentuk pantai. Lokasi wisata ini terletak di sungai Marsonja, Desa Sampean, Kecamatan Sei Kanan. Sungai Marsonja merupakan aliran sungai Kanan yang muaranya di sungai Barumun.

Selain airnya yang jernih, pantai Marsonja memang memiliki panorama yang cukup indah. Bebatuan alaminya tertata rapi, hutan karet di sekitarnya juga asri, demikian juga udaranya terasa begitu bersih. Mendengarkan suara air mengalir di antara bebatuan jadi salah satu kenikmatan berkunjung ke lokasi wisata ini.

Di samping kiri dan kanannya adalah perbukitan yang masih rindang, membuat sungai ini berhawa sejuk. Di sungainya mengalir air yang jernih, dan terdapat banyak lubuk-lubuk untuk pengunjung mandi dan bermain air. Airnya tidak begitu deras, jadi tidak akan menghanyutkan dan memungkinkan anak-anak kecil pun dengan riang mandi-mandi di sana. Meski tidak deras, air sungai Marsonja tetap mengalir lancar menuju muara.

Karena memang sudah jadi tempat wisata, warga desa sudah menyediakan jalan untuk mencapai lokasi tersebut. Namunm untuk mencapainya, pengunjung harus tabah melewati jalanan berlubang dan terjal. Dari bagian atas sebelum sampai ke sungai, kelihatan sungai Marsonja membentang seperti ular sedang meliuk dari utara ke selatan. Di samping kanan dan kirinya terdapat sejumlah pondok yang didirikan baik untuk peristirahatan sementara, maupun rumah penduduk setempat. (*)

6 Tanggapan to “Pantai Marsonja Yang Menawan di Sei Kanan, Labuhanbatu Selatan”

  1. Aris said

    jalan menuju MARSONJA sangat mengerikan, saya sarankan bg yg berniat ksana harus menggunakan trail atau badai,, dan jika anda bukan warga labusel mending pikir2 dulu deh, :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: