KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Cangkang Sawit Sangat Potensial Dikembangkan di Labusel

Posted by Kotapinang pada Januari 22, 2011

Arang Briket

Arang Briket

Cangkang Sawit Sangat Potensial Dikembangkan di Labusel

Oleh: Deni Syafrizal Daulay

LIMBAH padat pabrik kelapa sawit seperti cangkang kelapa sawit jika tidak diolah dapat mencemari lingkungan. Namun jika dikelola dengan baik, maka cangkang tersebut dapat menjadi sumber penghasilan baru bagi Pemkab Labusel dan masyarakat tentunya. Selama ini, cangkang hanya digunakan masyarakat sebagai penimbun jalan. Padahal lebih dari itu, cangkang memiliki nilai potensial yang tinggi.

Sejak lama cangkang kelapa sawit dimanfaatkan sebagai briket arang. Briket arang merupakan salah satu bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar minyak (BBM) dan arang kayu bakau. Syangnya, pengelolaan briket dari cangkang kelapa sawit ini masih dilakukan di luar negeri, sehingga pemanfaatanya di Labusel tak begitu berarti.

Kelapa dan sawit telah ditanam hampir di seluruh Labusel dan luas arealnya tak pernah menurun. Bahkan Labusel menduduki urutan cukup tinggi sebagai daerah yang memiliki areal kebun kelapa terluas. Adanya potensi sumber daya alam yang sangat besar ini hendaknya dapat dikembangkan dan dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan petani kelapa dan sawit. Namun saat ini masih ada beberapa kendala yang menyebabkan pendapatan petani masih rendah. Kendalanya adalah pengolahan lahan yang masih bersifat tradisional dan kurangnya industri pengolahan hasil (industri hilir). Masalah di atas menyebabkan petani tidak mempunyai alternatif lain untuk memasarkan kelapa serta sawitnya dalam bentuk bahan baku (raw material).

Dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi maka beberapa hasil samping pertanian kelapa serta sawit seperti tempurung, sabut, serta cangkang sawit dapat diolah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi, seperti arang tempurung kelapa yang sangat potensial untuk diolah menjadi arang aktif. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: