KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Tour Kebun Sawit di Labuhanbatu Selatan

Posted by Kotapinang pada November 12, 2010

Potensi Agrowisata Kebun Kelapa Sawit

Potensi Agrowisata Kebun Kelapa Sawit. (Sumber Foto: http://alimuddin.blogspot.com/2008_05_01_archive.html)

Tour Kebun Sawit di Labuhanbatu Selatan
Ditulis Oleh: Deni Syafrizal Daulay

SATU lagi potensi wisata yang dapat dikembangkan oleh Pemkab Labuhanbatu Selatan untuk mendongkrak PAD dari sektor wisata, yakni agrowisata di kebun kelapa sawit. Kabupaten Labuhanbatu Selatan terkenal dengan perkebunan kelapa sawitnya yang luas.

Hampir di seluruh daerah di kabupaten ini terdapat perkebunan kelapa sawit, baik itu perkebunan milik perusahaan maupun milik masyarakat. Di antara perkebunan tersebut sesekali terlihat perkebunan karet dan kebun-kebun kecil lainnya. Ini tentu jadi pemandangan tersedniri bagi masyarakat untuk menikmati suasanya.
Anda tentu kenal dengan kelapa sawit. Namanya kondang sebagai jenis komoditi pertanian khas di Labuhanbatu Selatan. Kini saatnya Anda berkunjung langsung ke kebun sawit di Labusel. Untuk menikmati suasana perkebunan sawit tidaklah sulit, sebab umumnya perkebunan tersebut terletak di tepi jalan.
Melewati Jalan Lintas Sumatera mulai dari Desa Parlabian, Kecamatan Kampung Rakyat hingga Desa Aek Batu, Kecamatan Torgamba maupun Kelurahan Langgapayung, Kecamatan Sungai Kanan adalah sebuah kenikmatan tersendiri. Hamparan kebun sawit di sisi kiri dan kanan jalan membuat suasana berbeda. Apalagi menyaksikan kebun sawit milik perusahaan perkebunan, biasanya mereka merawat dan memelihara lingkungan perkebunannya sehingga terlihat bersih, asri, dan cantik.
Pada pagi hari di perkebunan tersebut terlihat aktifitas petani sedang mendodos (memanen) buah sawit, atau ada yang sekadar membersihkan areal perkebunannya. Di sela-sela perkebunan tersebut terlihat sejumlah warga duduk santai di bawah pepohonan sawit yang rindang.
Dalam 12 tahun terakhir, perkembangan perkebunan sawit terbilang luar biasa. Bahkan jumlah perusahaan perkebunan sawit di daerah ini cukup banyak. Hal ini tentunya potensi agrowisata yang dapat dikembangkan pemerintah setempat. Agrowisata ini harusnya dapat dikelola pemerintah desa atau kecamatan sehingga jadi potensi wisata yang baik.
Di dalam kebun-kebun tersebut, pengunjung bisa belajar memanen buah sawit atau sekadar menikmati suasanya dengan berkeliling menggunakan sepeda. Ini tentu cukup berkembang sebab buah ini tidak mengenal musim. Sejak berumur lima tahun, pohon sawit akan terus berbuah sepanjang bulan, sepanjang tahun. Jadi, kapan pun Anda datang ke sini, buah sawit selalu tersedia. (*)

8 Tanggapan to “Tour Kebun Sawit di Labuhanbatu Selatan”

  1. Chevy Perkuat Layanan di Jakarta Selatan…

    I found your entry interesting thus I’ve added a Trackback to it on my weblog :)…

  2. Weeh,,,,
    bisa disalah gunakan juga tuh,,,,
    ntar dikira para pendodos sawit, org yg mau tour juga yg masuk ke prkebunan,,,
    ehh,,,, rupanya teroris yg b’pura-pura dan sembunyi di perkebunan
    hehehhe😀

  3. togap said

    wahh…
    bagus bgt idenya, bakal bnyak org kota/org luar negeri yg tour ke kota pinang, apa lg objek wisata yg nuansanya kebun kelapa sawit kyaknya lom ada di indonesia, tp hati2, krn teroris sembunyinya di kebun kelapa sawit
    ayoooo…..
    kota pinang, kembangkan terus kotamu menjadi kota yg indah, aman, dan sejahtera
    heheee

  4. yusuf said

    tau g ? buruh yang bekerja di perkebunan dibayar dengan upah murah, status BHL. dan banyak tekanan dan intimidasi. perkebunan kelapa sawit menjelma menjadi tempat peternakan manusia. harusnya kita prihatin bukan bangga n menjadikannya tour. bangsa biadap apa beradap ini?

    • Kotapinang said

      @Yusuf: mungkin itu menurut anda! Sejauh ini nggak ada yang bilang begitu! Orang buruhnya saja fine aja koq!! Lagian kalau mau kritik cari solusi cerdas, memangnya kalau perkebunan itu ditutup mau diperkerjakan di mana ratusan ribu manusia itu? Apa harus jadi perampok semua!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: