KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Aktifitas Paralong-along di Kotapinang, Labuhanbatu Selatan

Posted by Kotapinang pada Oktober 23, 2010

Paralong-along

Paralong-along

Aktifitas Paralong-along di Kotapinang, Labuhanbatu Selatan
Oleh: Deni Syafrizal Daulay
JANGAN anggap pedagang keliling hanya ada di perkotaan. Di Kotapinang dan sejumlah daerah di Labuhanbatu Selatan, kegiatan pedagang keliling yang menjajakan barang ke perkampungan masyarakat sejak lama sudah ada. Pedagang keliling ini disebut dengan istilah khusus yakni Paralong-along.
Biasanya terget pasar para Paralong-along adalah warga di perkebunan dan desa-desa yang aksesnya cukup jauh dari pasar. Barang yang ditawarkan pun beragam mulai dari sayur, ikan hingga peralatan pecah belah. Ada yang dibayar tunai, ada pula Paralong-along yang menyediakan layanan kredit bagi masyarakat yang nggak mampu membayar tunai. Pagi hari ibu rumah tangga maupun yang tinggal di komplek perkebunan dan pedesaan belanja semua kebutuhannya, termasuk kebutuhan dapur dari Paralong-along.
Umumnya Paralong-along ini berasal dari Kotapinang. Pagi-pagi sekali mereka membeli barang dagangannya di Pasar Kotapinang. Barang-barang itu kemudian ditempatkan di sepeda motor mereka yang biasanya telah dilengkapi dengan gerobak penyimpanan khusus. Setelah barang jualan lengkap barulah mereka menyusuri komplek-komplek perkebunan yang jauh dari perkotaan.
Harga yang ditawarkan oleh Paralong-along pun terbilang tak jauh berbeda dengan pasar. Biasanya mereka mengambil selisih harga Rp500 – Rp1000 dari pembelian mereka di pasar. Hitung-hitungannya sudah termasuk ongkos kirimlah.
Sampai saat ini aktifitas Paralong-along masih tetap berjalan di Labuhanbatu Selatan, bahkan jumlahnya semakin banyak, meskipun di beberapa komplek perkebunan sudah cukup dekat dengan akses pasar. Selain harga yang tak jauh berbeda, sebagian masyarakat merasa malas setiap hari ke pasar hanya untuk membeli bahan-bahan pokok. (*)

Satu Tanggapan to “Aktifitas Paralong-along di Kotapinang, Labuhanbatu Selatan”

  1. me said

    cool

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: