KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Labuhanbatu Selatan Membutuhkan Terminal

Posted by Kotapinang pada Oktober 17, 2010

 

Aktifitas Angkutan di Terminal Terpadu Amplas Medan

Aktifitas Angkutan di Terminal Terpadu Amplas Medan

 

Labuhanbatu Selatan Membutuhkan Terminal
Oleh: Deni Syafrizal Daulay
SEBAGAI kabupaten yang kini berkembang pesat, Labuhanbetu Selatan membutuhkan kehadiran terminal, guna mempermudah mobilitas sosial dan ekonomi rakyat setempat.
Keberadaan terminal selain akan membantu kemudahan dan kelancaran arus lalu lintas juga sangat bermanfaat bagi penguatan ekonomi masyarakat.
Labuhanbatu Selatan merupakan satu kawasan industri di Sumatera Utara. Di daerah ini terdapat industri besar pengolahan kelapa sawit seperti PTPN III, PT Asam Jawa, PT Torgamba, PT Milano, PT Herfinta F&P dan pabrik lainnya. Selain itu di Labuhanbatu Selatan banyak terdapat industri kecil masyarakat. Keberadaan industri ini sangat besar manfaatnya, karena menyedot tenaga kerja dalam jumlah besar.
Karena itu keberadaan terminal di Labuhanbatu Selatan, mendesak dibutuhkan. Keberadaan terminal dapat menggeliatkan pertumbuhan ekonomi di kabupaten yang kerap disebut sebagai wilayah ‘dolar’ di Sumut ini.
Selama ini, angkutan umum di Labuhanbatu Selatan dikelola secara liar. Biasanya angkutan menempati sejumlah pertokoan di pusat kota sebagai terminal. Armada tersebut dengan serampangan parkir di badan jalan hingga kerap membuat kemacetan di Kotapinang. Selain itu akses untuk tiap angkutan terbilang jauh sehingga masyarakat kurang nyaman.
Beberapa tahun lalu sebelum Labuhanbatu Selatan memisahkan diri dari Kabupaten Labuhanbatu, di Kecamatan Torgamba sempat direncanakan pembangunan terminal tepatnya di lahan SPI di tepi sungai Barumun. Seluruh angkutan yang ada di datang dan dari Kotapinang nantinya akan dipusatkan di tempat itu. Namun hingga saat ini rencana tersebut masih bersifat wacana.
Dulunya, lahan Pasar Inpres Baru merupakan terminal di Kotapinang. Namun sejak Pasar Kotapinang terbakar, keberadaan terminal tersebut tergusur. Kini di lahan tersebut berdiri Pasar Inpres dan pusat pertokoan. Sementara angkutan umum yang dulu mangkal di tempat itu memilih pindah ke pusat kota.
Padahal jika dikelola dengan baik, keberadaan terminal akan sangat berpengaruh pada sistim perekonomian masyarakat. Kebangkitan ekonomi akan berdampak pada perbaikan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Saat ini angka pengangguran dan kemiskinan di Labuhanbatu Selatan cukup tinggi meski lebih rendah dibanding daerah lainnya di Sumatera Utara.
Pembangunan infrastruktur terminal diharapkan dapat menjadi fasilitas untuk mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan melalui penguatan ekonomi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini Pemkab Labuhanbatu Selatan dapat membangun terminal tersebut. (*)

3 Tanggapan to “Labuhanbatu Selatan Membutuhkan Terminal”

  1. i want it

  2. Salam kenal. Kudoakan semoga terminal labuhanbatu selatan segera terwujud, demi kepentingan bersama. Kalau ada waktu silahkan berkunjung ke: OBYEKTIF.COM trims atensinya.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: