KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Bisnis Traveling Menjanjikan di Labuhanbatu Selatan

Posted by Kotapinang pada September 22, 2010

Peluang Bisnis Traveling di Labuhanbatu Selatan

Peluang Bisnis Traveling di Labuhanbatu Selatan

Bisnis Traveling Menjanjikan di Labuhanbatu Selatan
Oleh: Deni Syafrizal Daulay

MELIHAT kemajuan pesat yang terjadi di di Kotapinang dan sekitarnya, banyak peluang usaha yang memungkinkan untuk dikembangkan. Satu di antaranya adalah peluang usaha tour dan travel.
Usaha ini sangat menarik dikembangkan. Sebab, berdasarkan data di Departemen Agama, Kabupaten Labuhanbatu selama ini dikenal sebagai pemasok jemaah haji yang cukup besar untuk Sumatera Utara. Menurut data Badan Penelitian Statistik Labuhanbatu tahun 2008, pada tahun 2007 Labuhanbatu Selatan memberangkatkan 319 jemaah hajinya dari lima kecamatan yang ada.
Selain itu, selama ini tradisi tour bagi warga di Labuhanbatu Selatan cukup membudaya. Setiap tahun acara kelulusan sekolah diisi dengan kegiatan studi tour ke sejumlah tempat wisata di Sumatera seperti Danau Toba, Sibolga, Pantai Cermin, Padang dan tempat rekreasi lainnya.
Menjelang akhir tahun ajaran, biasanya pihak sekolah melakukan lobi langsung terhadap perusahaan angkutan di Kotapinang seperti Bus KPB, Pinang Indah atau bus lainnya. Sebab sejauh ini belum ada perusahaan tour dan trafel yang dapat menjembatani kebutuhan tersebut.
Selain kegiatan akhir tahun ajaran, pada musim lebaran, sejumlah masyarakat juga menggelar kegiatan touring ke tempat-tempat wisata. Biasanya, remaja kampung mengumpulkan dana untuk biaya transportasi keberangkatan tersebut. Cara itu dilakukan untuk mempermudahkan keberangkatan.
Minat besar masyarakat Labuhanbatu Selatan untuk berdarma wisata tentunya jadi lahan empuk bagi agen perjalanan. Karenanya tak salah jika usaha ini menjadi lahan emas yang dapat dikembangkan khususnya bagi Anda pengusaha pemula. Lahan yang tersedia untuk usaha ini juga cukup banyak. Jadi saat ini Anda sudah dapat menentukan pilihan usaha Anda. (*)

Grafis:
Jumlah jemaah haji asal Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2007
Kecamatan Kotapinang: 90 jemaah
Kecamatan Torgamba 55 jemaah
Kecamatan Silangkitang: 11 jemaah
Kecamatan Sungai Kanan: 125 jemaah
Kecamatan Kampung Rakyat: 38 jemaah
Total jemaah: 319 jemaah
(Sumber data: BPS tahun 2008)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: