KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Potensi Bisnis Resto di Aek Batu, Kecamatan Torgamba, Labuhanbatu Selatan

Posted by Kotapinang pada September 7, 2010

Peluang Bisnis Resto di Kotapinang

Peluang Bisnis Resto di Kotapinang

Potensi Bisnis Resto di Aek Batu
Oleh: Deni Syafrizal

DESA Aek Batu terletak di sebelah timur Kotapinang. Daerah ini berbatasan langsung dengan Riau. Melihat kondisinya tersebut, selain industri perumahan, kawasan Aek Batu juga cukup menjanjikan untuk berinvestasi dibidang usaha resto.
Letak yang strategis dan ketersediaan lahan yang mumpuni, membuat kawasan ini cukup menjanjikan. Dengan adanya resto di sepanjang Jl Lintas Sumatera ini, tentunya akan menjadikannya tempat persinggahan pengendara yang melintas. Di samping itu, kawasan ini tentunya akan jadi tujuan wisata kuliner masyarakat Labuhanbatu Selatan.
Industri Makanan dan Minuman atau restaurant merupakan industri yang luar biasa dan hampir tidak pernah mati. Industri yang penuh potensi, prospek, berkembang dengan sangat cepat, dan merupakan bisnis pembawa kesuksesan bahkan kemakmuran (tentu saja, jika direncanakan, dikelola, dan dioperasikan dengan baik).
Usaha restoran merupakan usaha sepanjang masa, karena setiap orang pasti membutuhkan makan dan minum selama hidupnya. Banyak orang berpikir bahwa membuka restoran itu mudah, asalkan pandai memasak serta didukung penampakan luarnya yang serba baik. Semua restoran pada umumnya memang harus memberikan kesan yang baik untuk menarik minat para pelanggan.
Dewasa ini sektor bisnis makanan semakin berkembang dan pemiliknya wajib memiliki pengertian dan filosofi mendasar mengenai penghargaan akan makanan, dan gaya hidup konsumen. Setiap aspek dari bisnis dan operasional, kepuasan pelanggan, hubungan profit dan lost, ukuran sistem kendali, standarisasi dan kebanggaan dari pemilik semuanya harus terlihat, sebagaimana kegigihan, ketangguhan, perhatian yang teliti akan detail dan setiap keputusan bahkan pada hal yang kecil sekalipun.
Usaha restoran juga berhubungan dengan proses perencanaan maupun pengendalian secara menyeluruh dengan memperhatikan konsumen, kompetitor, strategi pelayanan, dan sumber daya yang ada di dalamnya termasuk juga karyawan, staf operasional, serta manajer. Manajemen restoran tidak dapat terlepas dari pengelolaan semua aktifitas fungsional, seperti pemasaran, operasi atau produksi, keuangan, maupun sumber daya manusianya. (*)

Grafis:
Profil Wilayah Kecamatan Torgamba Tahun 2001
Jumlah penduduk: 75,780 jiwa
Luas wilayah: 1.136,40 Km persegi
Kepadatan: 67 jiwa/Km (Sumber data: wikipedia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: