KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Bisnis Perhotelan Menjanjikan di Simaninggir

Posted by Kotapinang pada September 4, 2010

Ilustrasi

Ilustrasi

Bisnis Perhotelan Menjanjikan di Simaninggir
Oleh: Deni Syafrizal Daulay

SEBAGAI kota jasa, industri dan pariwisata, keberadaan hotel di Kotapinang dan sekitarnya menjadi unsur penting dalam mendukung income bagi pemerintah daerah, apalagi pada masa liburan akhir pekan, tingkat hunian hotel di Kotapinang biasanya tinggi. Tentu saja ini menjadi peluang bisnis yang menggiurkan bagi para pengusaha perhotelan.
Bisnis perhotelan kian menjanjikan menyusul pemekaran yang dilakukan di daerah ini. Hadirnya sejumlah perusahaan serta promosi pariwisata khususnya membuat potensi itu kian besar. Satu di antara wilayah yang sangat memungkinkan untuk pengembangan bisnis perhotelan yakni kawasan Simaninggir dan sekitarnya. Selain ketersediaan yang masih cukup luas, tempat yang tersedia juga cukup strategis sehingga hotel-hotel yang dibangun akan memperoleh konsumen.
Jarak Simaninggir dengan perkotaan cukup dekat yakni sekitar 5 Km atau 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan. Angkutan umum dapat diakses dari kawasan ini. Bahkan becak bermotor beroperasi di kawasan ini hingga larut malam. Karena banyak pepohonan, kawasan Simaninggir juga cukup teduh.
Pendukung lainnya yakni dekatnya kawasan ini dengan sejumlah objek wisata alam seperti Kolam Buatan Padangri atau pemandian alam Sampuran yang dapat ditempuh dalam 60 menit. Di samping itu, kawasan Simaninggir juga merupakan perlintasan dari arah Tapanuli Selatan.
Sementara ini, hotel yang telah beroperasi di kawasan ini yakni Hotel Istana IX. Sampai kini hotel tersebut masih tetap eksis. Banyak pengunjung yang datang ke Labuhanbatu Selatan saat ini membuat hotel jadi satu fasilitas yang cukup urgen. Karenanya hotel sangat diperlukan.
Bisnis perhotelan di Kotapinang memiliki iklim dan prospek yang bagus, karena banyak faktor yang menjadikan Kotapinang sebagai tempat kunjungan wisata maupun tempat berbisnis. Jadi kehadiran hotel dirasakan cukup penting bagi para tamu yang datang ke Kotapinang dan sekitarnya.
Tidak hanya sebagai fasilitas untuk hunian nyaman di saat liburan, hotel pun dapat berfungsi sebagai tempat pertemuan (meeting) perusahaan, seminar maupun pesta pernikahan. Saat ini tidak banyak hotel yang memiliki konsep dengan fasilitas meeting, karena ruangan untuk meeting seringkali memang terbatas.
Labuhanbatu Selatan banyak berdiri perusahaan, ada perguruan tinggi, sekolah maupun usaha yang bergerak di bidang lainnya. Selain itu, Labuhanbatu Selatan dinilai sebagai kota yang strategis untuk melakukan pertemuan seperti rapat sekaligus berwisata bagi para pengusaha dari luar kota. Jadi potensi bisnis perhotelan tidak saja menitikberatkan hotel dengan konsep sebagai hunian saat liburan, konsep dengan menyediakan ruangan meeting pun menjadi konsep baru.
Banyaknya kegiatan pemerintahan dan perusahaan yang ada di Labuhanbatu Selatan membuat hotel akan semakin dibutuhkan. Saat ini di Labuhanbatu Selatan hanya tersedia dua hotel dan satu penginapan.
Satu kemudahan bagi investor untuk berinvestasi perhotelan di Labuhanbatu Selatan yakni memperbolehkan izin usaha dengan mudah. Sebab Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan saat ini telah menyediakan kantor pengurusan perizinan satu atap, sehingga investor tak perlu mondar-mandir mengurus perijinan. (*)


Grafis:
Profil Kecamatan Kotapinang Tahun 2001
Jumlah Penduduk: 42.457 jiwa
Kepadatan: 88 jiwa/Km persegi
Luas wilayah: 482,40 Km persegi
Jarak dari Medan: 340 Km (Sumber data: Wikipedia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: