KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Aek Batu Menjanjikan untuk Usaha Properti

Posted by Kotapinang pada September 4, 2010

Ilustrasi Maket Properti

Ilustrasi Maket Properti

Aek Batu Menjanjikan untuk Usaha Properti
Oleh: Deni Syafrizal Daulay

SEJAK dimekarkan dari Kabupaten Labuhanbatu pada 2009 lalu, banyak kemajuan yang terjadi di Kotapinang dan daerah lainnya di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Satu di antara perubahan tersebut yakni terkonsentrasinya kegiatan pemerintah di daearh itu. Selama ini berbagai kegiatan pemerintah terfokus di Rantauprapat dan sekitarnya.
Pada tahun yang sama juga untuk pertama kalinya Pemkab Labusel melakukan rekrutmen CPNS untuk Pemkab Labusel. Sebanyak 500-an lebih CPNS baru terjaring dalam rekrutmen tersebut. Sebagian besar CPNS yang diterima merupakan pendatang dari sejumlah daerah di antaranya Medan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, dan daerah-daerah lainnya di Sumut.
Seiring bertambahnya jumlah penduduk tersebut, maka kebutuhan rumah hunian semakin meningkat. Keterbatasan rumah kontrakan di kawasan Kotapinang sebagai pusat kota membuat sebagian pegawai terpaksa indekost di rumah-rumah penduduk. Bahkan sebagian pegawai terpaksa memiih satu kost dengan pegawai lainnya, karena ternyata jumlah kost-kost-an juga terbatas.
Kondisi ini menunjukkan betapa bisnis properti menjanjikan untuk dikembangkan di Labuhanbatu Selatan. Sebab, seiring dengan semakin dekatnya akses pemerintahan, maka akan semakin banyak industri yang akan beroperasi di Labusel. Kondisi itu akan semakin membuat kebutuhan rumah hunian semakin meningkat.
Bagi Anda investor yang berminat mengembangkan bisnis properti di kawasan ini tak perlu khawatir. Sebab, banyak kawasan yang memungkinkan untuk mengembangkan bisnis properti. Satu di antara banyak kawasan yang paling menjanjikan untuk tumbuh kembangnya bisnis properti yakni Desa Aek Batu. Daerah ini terletak di Kecamatan Torgamba. Untuk menuju pusat kota, dapat ditempuh dalam 20-30 menit perjalanan menggunakan kendaraan umum atau sepeda motor dari Aek Batu.
Kawasan Aek Batu dan sekitarnya juga dilengkapi dengan fasilitas umum yang cukup memadai seperti sekolah, tempat ibadah, rumah sakit, dan pasar tradisional. Di samping itu, daerah ini juga sudah cukup banyak warga menetap sehingga kawasan yang akan dikembangkan properti bukan lahan kosong.
Letak daerah ini juga cukup strategis karena terletak di jalan propinsi yang menghubungkan Sumatera Utara dengan Pekanbaru. Selain itu, ketersediaan lahan di Aek Batu juga cukup memadai. Hal itu terlihat dari banyaknya tanah kosong baik di tepi Jalan Lintas Sumatera maupun di perkampungan yang terdapat di daerah itu.
Pendukung lain yang membuat bisnis properti sangat menjanjikan yakni masyarakat di daerah itu yang cukup majemuk. Beragam suku dan agama yang bermukim di kawasan tersebut menunjukkan keharmonisan penduduknya. Selain itu tentunya juga harga tanah yang ada di Aek Batu tak semahal di Kotapinang. (*)

Grafis:
Profil Wilayah Kecamatan Torgamba Tahun 2001
Jumlah penduduk: 75,780 jiwa
Luas wilayah: 1.136,40 Km persegi
Kepadatan: 67 jiwa/Km (Sumber data: wikipedia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: