KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Pesta Malam 27 Ramadhan di Kotapinang

Posted by Kotapinang pada Agustus 29, 2010

Meriam bambu

Meriam bambu

Pesta Malam 27 Ramadhan
Oleh: Deni Syafrizal Daulay
IKOM, ikom, ikom mamma… Ibes, ibes, ibeskom!
IKOM, ikom, ikom mamma… Ibes, ibes, ibeskom!
IKOM, ikom, ikom mamma… Ibes, ibes, ibeskom!

Setelah berbuka puasa, aku dan anak-anak lainnya sibuk mempersiapkan pesta malam 27. Sejumlah lilin kecil warna-warni yang sudah dibeli di siang haripun disiapkan. Tak lupa batok kelapa untuk permainan ‘Ikom Mamma’. Menurut mitos yang kami dapat dari orang tua, malam 27 Ramadhan adalah malam Lailatul Qadar, siapa yang menemukannya maka dia serasa beramal seribu bulan. Makanya kami melakukan ritual ‘Ikom Mamma’ untuk mencari Lailatul Qadar tersebut.
Begitu orang pergi tarawih, kamipun memulai pesta. Satu persatu lilin dinyalakan dan ku tempelkan di pagar rumah. Bohlamp 10 watt di teras rumah sengaja ku padamkan, agar lilin-lilin tersebut terlihat semarak. Sejumlah kembang api pun dinyalakan. Sambil memutar-mutarkannya hingga habis, aku melompat kegirangan.
Habis sudah kembang api di kotaknya. Anak-anak yang lainpun sudah berkumpul di depan rumah membawa batok kelapa yang didalamnya tertancap sebatang lilin kecil menyala. Akupun tak mau ketinggalan, lantas ku ambil batok dan lilin milik ku lalu menyalakannya.
Setelah lilin menyala,  tanpa dikomandoi kamipun berbaris rapi. Sambil memegang batok layaknya senter, kami lalu berjalan beriringan keliling kampung sambil berteriak ‘Ikom, ikom, ikom, mamma…Ibes, ibes, ibes, kom..! Setiap ada anak-anak yang melihat, spontan dia mengambil batok dan lilinnya lalu ikut dalam barisan. Tak terasa hari sudah larut, kamipun bergegas pulang.
Namun kini tradisi itu ternyata sudah punah. Kini tak ada lagi teriakan ‘Ikom Mamma’ pada malam 27 Ramadhan. Anak-anak saat ini lebih senang bermain petasan dan mercon kembang api yang cukup membahayakn, meski masih ada tradisi memasang lilin. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: