KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Pusat Latihan Gajah di Aek Raso

Posted by Kotapinang pada Agustus 28, 2010

Pusat Pelatihan Gajah di Aek Raso

Pusat Latihan Gajah di Aek Raso
Oleh: Deni Syafrizal Daulay
PUSAT pelatihan gajah atau Taman Wisata Holiday resort di Desa Aek Raso, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan merupakan satu objek wisata andalan di Labuhanbatu Selatan. Kawasan wisata dan penangkaran Gajah Sumatera ini berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 695/Kpts-II/1990 tanggal 27 Nopember 1990 dengan luas 4.963,75 Ha.
Secara geografis Taman Wisata Holiday Resort terletak pada 137′-140 Lintang Utara dan 10015’50”-10012’30” Bujur Timur. Sedangkan secara administratif termasuk Desa Persiapan Aek Raso. Konfigurasi lapangan Taman Wisata Holiday Resort di bagian Utara bergelombang sampai berbukit ringan dan bagian Selatan relatif datar. terdapat daerah genangan berupa rawa-rawa atau air payau, yaitu di bagian tengah dan Selatan,
dengan ketinggian antara 100 – 160 m dari permukaan laut.
Mencapai lokasi ini tidaklah begitu sulit, meskipun jalur yang dilintasi ke kawasan tersebut cukup rusak. Untuk memncapai lokasi ini dapat ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi sejauh lebih kurang 390 km selama 9 jam dengan rute perjalanan Medan – Rantau Prapat – Kota Pinang – Cikampek – Aek Raso. Hanya saja kalau menggunakan kendaraan umum tidak dapat langsung ke tujuan melainkan
harus bersambung-sambung.
Sebelumnya kawasan hutan Holiday Resort termasuk dalam Register 2/ Kp. Torgamba dengan fungsi Hutan Produksi. Kemudian sebagian dari kawasan tersebut telah dikonversi menjadi areal perkebunan. Untuk menyelamatkan keberadaan sebahagian dari kawasan tersebut, pada tanggal 27 Nopember 1990 Menteri Kehutanan mengeluarkan Surat Keputusan No. 695/Kpts-II/1990 yang menetapkan peralihan fungsi menjadi Taman Wisata Holiday Resort.
Kawasan ini diapit oleh perkebunan-perkebunan besar (perkebunan kelapa sawit), seperti PNP dan PT. Torganda. Didalam kawasan juga terdapat koridor yang menghubungkan lokasi perkebunan dimaksud.
Flora yang terdapat dalam kawasan ini merupakan vegetasi hutan sekunder yang terdiri dari anakan pohon asli seperti Meranti (Shoerea sp), Kapur (Dryobalanops aromatica), Jabon (Antocephalus cadamba), Sungkai (Peronema canescens), Perdu (Eupathorium sp), Bambu (Bambusa sp), Medang (Litsea sp), Laban (Vitex sp),
serta rumput- rumputan.
Hutan ini pada musim kemarau seringkali mengalami kebakaran, yang mengacam kegiatan Reboisasi. Usaha reboisasi telah berkali-kali dilakukan dengan berbagai jenis tanaman antara lain : Eukaliptus, Kayu manis, Mahoni, Akasia, jenis-jenis buah-buahan Durian, Kemiri, Nangka dll. Dengan adanya PLG saat ini ditanaman berbagai jenis tanaman makanan gajah a.1 : Kelapa, Tebu, Rumput gajah, bambu dan Pisang dsb.
Kawasan hutan Holiday Resort, benrbentuk segitiga yang dipagari oleh kebun sawit. Namun demikian jenis fauna cukup banyak terdapat terutama jenis burung seperti Perkutut (Geopelia striata), Murai batu (Copsychus delivutia), Jalak (Acridoteres fuscus) dll. Jenis mamalia yang terdapat adalah seperti Rusa (Cervus timorensis), Babi hutan (Sus vittatus), Kijang (Muntiacus muntjak), Monyet (Macaca fascicularis), Musang (Viveridae), Gajah (Elephas maximus), dsb.
Animo masyarakat terhadap lokasi wisata ini khususnya Pusat Latihan Gajah sangat besar. Pada hari-hari libur lokasi ini ramai dikunjungi masyarakat baik sekadar untuk menyaksikan gajah-gajah yang sedang beraktraksi atau bahkan ada juga yang berfoto sambil menaiki gajah. (*)

9 Tanggapan to “Pusat Latihan Gajah di Aek Raso”

  1. mansur said

    bah baru tau aku ada penangkaran gajah. kenapa kurang promonya ya

  2. saya br dngr law d kota pinang da penangkran gajah

    mang gajah’a tinggl brp?????????????
    dngr2 tmpt tersbt bkn merupakan hutan gi melainkan sdh d konversi menjadi areal perkebunan
    kr2 napa tu bs terjadi pdhal d dalam’a msh da areal penangkaran gajah

    trim’s

  3. fakta said

    bohong….tu ,yang ada cuma lahan perk. rakyat.mrk cuma mau ambil duit bantuan negara luar aja….tidak ada hutan disana kalo gak percaya cek aja langsung

  4. fakta said

    y……..

  5. Saya kenal dengan salah seirang Mahout (pawang gajah) yg dulu bekerja disini. Namun skrg sudah pindah tugas ke sipirok. Namanya Khairil. Beliau banyak bercerita ttg holiday park ini.
    Mudah2 saya ada waktu dan kesempatan untuk kesana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: