KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Kotapinang Saat Ini

Posted by Kotapinang pada Agustus 25, 2010

Istana Kota Bahran di Kotapinang

Istana Kota Bahran di Kotapinang

Kotapinang Saat Ini
Oleh: Deni Syafrizal Daulay

SETELAH pemekaran, banyak perubahan yang terjadi pada KabupatenLabuhanbatu Selatan khususnya Kotapinang. Kabupaten ini kini memiliki areal seluas 3.596 Km persegi atau 4,9 persen dari luas Provinsi Sumatera Utara.

Kabupaten ini berbatasan dengan Kecamatan Bilah Hulu dan Bilah Hilir di sebelah Utara. Sementara di sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Bengkalis Riau. Di bagian Selatan, daerah ini berbatasan dengan Provinsi Riau dan sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Padang Lawas Utara.

Jumlah penduduk Kabupaten Labuhanbatu Selatan pada tahun 2009 tercatat 327.685 jiwa dengan kepadatan 76 jiwa per Km2. Secara garis besar etnis yang terdapat didaerah ini yakni Jawa 51,19 persen dan Batak 44,77. Sementara jumlah pemeluk agama Islam mencapai 87,79 persen.

Dengan lahan berbukit-bukit, sebagian besar lahan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan adalah perkebunan yakni 236.767 Ha yang terdiri dari kelapa sawit seluas 207.732 Ha dan karet 28.766 Ha. Sementara lahan lainnya berfungsi sebagai sawah, hutan, dan bangunan.

Banyaknya perkebunan kelapa sawit di daerah ini, tak heran jika industri yang paling meninjol di Labuhanbatu Selatan adalah industri pengolahan Crude Palm Oil (CPO) yakni sebanyak 21 unit pabrik kelapa sawit dan 116 sedangkan pabrik getah hanya satu unit yakni milik PT Lonsum. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: