KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Buana Indah Tetap Eksis di Kotapinang, Labuhanbatu Selatan

Posted by Kotapinang pada Juli 23, 2010

Toko Buana Indah

Toko Buana Indah di Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Buana Indah Tetap Eksis di Kotapinang
Oleh: Deni Syafrizal Daulay
TOKO itu masih tetap di tempatnya. Sebuah plank menandakan jika tempat itu juga merupakan apotek. Di pintu masuk toko, seorang pria tionghoa paruh baya duduk menjaga pendingin es krim. Itulah toko Buana Indah yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Kotapinang.
Buana Indah merupakan supermarket pertama dan terlengkap di Kotapinang. Di dalam ruko dua pintu itu terdapat deretan rak-rak yang di atasnya terpajang berbagai kebutuhan masyarakat mulai dari alat kosmetik hingga mainan anak-anak. Toko ini juga jadi penyalur surat kabar untuk warga Kotapinang yang sebenarnya kurang gemar membaca.
Tak ada yang menyangka supermarket Buana Indah bakal seramai sekarang. Saat musim gajian tiba, toko ini dipadati pengunjung. Saking ramainya, pengunjung di loss toko yang sempit terpaksa antrean.
Belanja di Buana Indah dulunya seolah jadi brand tersendiri. Orang merasa keren dan kaya saat belanja atau menenteng kantong plastik bermerek Buana Indah yang bergambar bola dunia. Hal itu mungkin karena nama Buana Indah begitu booming di Kotapinang.
Buana Indah memang memilih lokasi yang lumayan strategis, berada di tengah kota bersebelahan dengan Bank Rakyat Indonesia. Barang dagangannya di datangkan dari Medan dan China. Tujuannya, selain memasok barang modern, agar pembeli tak merasa kecewa karena barang yang dicarinya ternyata tak ada.
Tak disangka, supermarket itu direkomendasikan para pelanggannya pada rekan-rekan mereka. Walhasil, jumlah pengunjung terus membludak, tak terbatas warga mana pun. Mereka beralasan, makanan yang dijamin higienis dan berkualitas. Meski sempat berdiri sejumlah supermarket lain di Kotapinang, namun tak dapat membendung eksistensi Buana Indah. Bahkan pesaing-pesaingnya ada yang gulung tikar, karena brand toko ini begitu erat dengan masyarakat.
Namun kini keberadaan Buana Indah semakin ditinggalkan. Hal itu menyusul pemekaran yang dilakukan, sehingga sebagian kecamatan lain kini sudah memiliki supermarket yang jauh lebih dekat. Kondisi itu diperparah dengan dibukanya Suzuya Supermarket di Rantauprapat, membuat masyarakat lebih memilih belanja di tempat itu.
Meski begitu sampai kini Buana Indah masih bertahan. Paling tidak masih banyak warga Kotapinang yang setiap hari masih belanja di tempat ini. Sesekali warga dari daerah lain di Kotapinang juga menyempatkan diri belanja di Buana Indah sebelum kembali ke rumahnya. (*)

Satu Tanggapan to “Buana Indah Tetap Eksis di Kotapinang, Labuhanbatu Selatan”

  1. Izra said

    Wah ingatan kamu soal kampung halaman ternyata kuat juga ya…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: