KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Tadarusan dan Hang Out ke Jembatan Sungai Barumun, Kotapinang, Labuhanbatu Selatan

Posted by Kotapinang pada Juli 18, 2010

Tadarusan dan Hang Out ke Jembatan Sungai Barumun

Oleh: Deni Syafrizal Daulay

SUASANA religius begitu terasa saat bulan Ramadhan di Kotapinang. Pagi dan malam hari masyarakat selalu melaksanakan kegiatan agama. Warga mengenakan peci dan lebai tampak berseliweran di jalan-jalan, layaknya tanah Arab.

Satu di antara kegiatan yang kerap dilakukan masyarakat Islam Kotapinang saat Ramadhan yakni tadarus. Tadarus adalah kegiatan membaca Al Quran di masjid yang dilakukan hingga 27 Ramadhan. Kaum pria biasanya melakukan tadarus pada malam hari seusai salat tarawih.

Sejumlah pria membentuk lingkaran dan bergantian membacakan ayat-ayat Al Quran sampai pukul 24.00 WIB. Hal yang sama juga dilakukan kaum perempuan, namun mereka melakukannya di pagi hari seusai salat Shubuh hingga pukul 8.00 WIB. Pada 27 Ramadhan seluruh pengajian sudah di selesaikan dan kegiatan selanjutnya hanya memungut zakat fitrah.

Selain pengajian, tradisi masyarakat Kotapinang pada saat Ramadhan yakni hang out ke jembatan sungai Barumun. Usai salat Shubuh, warga yang umumnya remaja sebagian besar memilih jalan-jalan ke jembatan sungai Barumun. Sepinya lalulintas membuat warga lebih leluasa berjalan beriringan hingga menghabiskan badan jalan.

Sesampainya di jembatan mereka memilih bertahan dan duduk di tiang-tiang jembatan. Menjelang siang, mereka pun beriringan pulang. Banyaknya warga yang hang out, acap kali membuat lalulintas di sepanjang jalan itu macet. Pengendara terpaksa ekstra hati-hati karena disepanjang jalan banyak warga yang melintas. Sampai saat ini tradisi itu masih dilakoni sejumlah masyarakat. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: