KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Memancing Baung di Sungai Barumun Kotapinang, Labuhanbatu Selatan Lengahkan Puasa

Posted by Kotapinang pada Juli 18, 2010

Memancing Baung Lengahkan Puasa

Oleh: Deni Syafrizal Daulay

ADA banyak hal yang dilakukan masyarakat Kotapinang dalam membuang kejenuhannya menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Selain tidur-tiduran di rumah, sebagian kaum pria di Kotapinang memilih memancing di sungai Barumun untuk melengahkan puasa.

Memancing di sungai Barumun, semacam ritual wajib bagi sebagian masyarakat di sana. Pagi-pagi sekali, warga dari berbagai daerah di Kotapinang bergegas memancing. Bermodalkan joran sederhana yang sebagian besar masih terbuat dari bambu, warga memenuhi tepian sungai Barumun.

Saat itu, hampir seluruh sudut sungai terlihat warga jongkok dan duduk di bawah pepohonan di tepi sungai memegang joran pancingnya. Meski terkadang tak mendapatkan ikan, namun tak jadi masalah, yang terpenting bagi warga adalah menikmati suasana memancing yang begitu menyenangkan.

Memancing di sungai Barumun seolah memiliki magnet tersendiri, warga tahan berjam-jam duduk tak berpindah tempat hanya memandangi joran pancingnya. Menjelang sore, wargapun bergegas pulang, dengan harapan setibanya di rumah telah masuk waktu berbuka puasa. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: