KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Kuntum Dahlia TK Pertama di Kotapinang, Labuhanbatu Selatan

Posted by Kotapinang pada Juli 17, 2010

TK Kuntum Dahlia

TK Kuntum Dahlia di Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Kuntum Dahlia TK Pertama di Kotapinang
Oleh: Deni Syafrizal Daulay

TAMAN Kanak-kanak (TK) merupakan pendidikan anak usia dini sebelum memasuki Sekolah Dasar. Di Kotapinang, pada tahun 1980-an hanya ada satu TK yakni TK Kuntum Dahlia.
Sekolah untuk anak berusia 4 hingga 5 tahunan itu terletak di Jalan Impres. Bersebelahan dengan SD Inpres Kotapinang. Sekolah itu juga berendeng dengan Puskesmas Kotapinang yang kini jadi Puskesmas Model.
Gedungnya sederhana yakni setengah papan dan setengah batu. Dulunya sekolah ini dicat berwarna biru. Sekolah ini dibagi menjadi dua kelas yakni kelas nol kecil dan nol besar. Dua guru yang mengajar kala itu bernama Eli dan Kamal. Keduanya dengan telaten mengawasi siswa didiknya.
Di bagian depan gedung yang menghadap ke selatan itu terdapat satu pondok yang di bawahnya terdapat tiga perosotan tak jauh dari sebatang pohon Mahoni. Di sebelah perosotan itu terdapat dua injit-injitan. Sedangkan di bagian tenggara gedung terdapat ayunan dan permainan ketangkasan. Di halaman inilah setiap hari siswa bermain saat jam istirahat.
Sebagai satu-satunya sekolah TK, Kuntum Dahlia masa itu cukup diminati. Setiap tahun puluhan orang tua mendaftarkan anak-anak mereka untuk bersekolah di tempat itu. Bahkan sakin diminatinya sekolah itu, banyak calon siswa yang terpaksa ditolak.
Aku sekolah di tempat itu pada tahun 1988. Di antara teman sekelas yang masih kuingat saat itu yakni Feber, Akbar Rialdi, Pilon, Arifin Murdhani, dan Juni Herawani. Setiap hari, aku diantar oleh pak Naim seorang penarik becak dayung di Kotapinang. Menggunakan tas yang di dalamnya terselip buku aku selalu dibontoti telur rebus oleh ibuku.
Menyanyikan lagu ‘Pelangi, pelangi’ ciptaan AT Mahmud dan ‘Naik Kereta Api’ jadi ritual yang tak pernah saya lupakan. Selain mengisi kegiatan nyanyi, menyusun balok menjadi rumah dan mobil jadi kegembiraan tersendiri. Aku tak sempat menyelesaikan pendidikan ku. Karena saat memasuki kelas nol besar aku dikeluarkan dari sekolah karena satu alasan tertentu.
Saat aku mengunjungi tempat itu beberapa waktu lalu, sekolah itu tampak tak terurus. Halaman yang dulu rindang kini terasa gersang. Halamannya pun terlihat kumuh. Persosotan yang dulunya beratap kini terbuka. Dua ayunan di samping sekolah juga sudah tak ada. Siswa sekolah itupun kini sudah semakin sedikit seiring semakin banyaknya sekolah TK di Kotapinang. (*)

12 Tanggapan to “Kuntum Dahlia TK Pertama di Kotapinang, Labuhanbatu Selatan”

  1. Jo said

    sampai aku baca tulisan ini aku nggak ingat nama guru TK aku dulu..
    gambaran abang buat aku rindu pulang kampung😦
    Ya..aku juga sekolah di situ..dlu
    yg jelas aku masuk SD 2 th 94 salam dr Batam

  2. Amda said

    TK Kuntum Dahlia, sekolah juga…lama sekali tak mengunjungimu…
    benar-benar jadi rindu kampung halaman dgn mamak yg selalu tersenyum ^^

  3. Dnk said

    Indah ya ingat kenangan masa lalu…aku dulu TK disitu, banyak kenagan yg msh keingat main ayunan, prosotan yg ada atapnya, luncuran yg warna biru yg awal dimainin pasti yg nyampe ke tanah bokong duluan hehehe
    Teman se-TK ada Tayan, Maryana Eka Wati, Budi yg supir KPB, M Rafi (si Kapek)

  4. Dnk said

    Uda tau..adeknya si Dolly ya, salam ama Dolly ya Den…

Tinggalkan Balasan

 
