KOTAPINANG

Lebih dari Sekadar Cerita Kotapinang

Balai Desa Kotapinang, Labuhanbatu Selatan Tempat Ku Meraih Juara Nasyid

Posted by Kotapinang pada Juli 17, 2010

Balai Desa

Balai Desa Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Balai Desa Kotapinang Tempat Ku Meraih Juara Nasyid
Oleh: Deni Syafrizal

KOTAPINANG saat ini memang jauh berbeda. Kini banyak kegiatan digelar masyarakat di hotel dan restoran yang kini mulai menjamur di kota ini. Dulu, berbagai kegiatan yang melibatkan pemerintah digelar di balai desa.
Balai desa terletak di Jalan Impres Kotapinang tepatnya di belakang kantor Kecamatan Kotapinang yang kini digunakan Pj Bupati Labuhanbatu Selatan berkantor. Balai desa sejak lama digunakan untuk berbagai kegiatan pemerintah seperti seminar, penyuluhan, dan, kegiatan maulidan yang digelar pihak kecamatan.
Balai desa itu berukuran sekitar 15×20 meter persegi. Di bagian depan merupakan hamparan ruangan kosong. Di bagian belakang terdapat gundukan seperti panggung tempat tari-tarian dan kegiatan biasa digelar. Seluruh bangunan dicat berwarna putih dan menggunakan kayu dibagian dindingnya. Bangunan itu berdiri menghadap Puskesmas Kotapinang yang kini menjadi Puskesmas Model.
Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), berbagai perlombaan seperti cerdas cermat, lomba menari kerap digelar di tempat ini. Tahun 1994 saya dan kawan-kawan di SDN 118235 meraih juara perlombaan nasyid. Waktu itu hadiahnya hanya berupa buku tulis 50 halaman.
Meski Kotapinang kini telah berubah menjadi ibukota Kabupaten Labuhanbatu Selatan, namun keberadaan Balaidesa masih terjaga. Saat berkunjung ke tempat itu, saya melihat bentuknya pun sampai kini tak jauh berubah. Demikian juga kegunaannya masih sama seperti sedia kala. Hanya kawasan itu kini mulai dipadati rumah-rumah penduduk. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: